Pages

Kamis, 23 Juni 2011

SURGA DAN NERAKA

Allah SWT berfirman, ”Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Dan peliharalah dirimu dari api neraka yang disediakan untuk orang-orang kafir. Dan taatilah Allah dan Rasul supaya kamu diberi rahmat. Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.” (Q.S. Ali Imran: 130-133).

Dari Ibnu Mas`ud r.a, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: ”Jahanam didatangkan pada hari itu, ia mempunyai 70.000 tali kendali , setiap tali kendali dipegang oleh 70.000 malaikat yang menyeret Jahanam.” (H.R. Muslim dan lainnya).
Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata: ”Rasulullah SAW bersabda: ”Apimu ini adalah satu bagian dari 70 bagian api neraka.” (H.R. Bukhari dan Muslim).
Dari Abu Hurairah ia berkata, ”ketika kami berada didekat Nabi SAW, tiba-tiba kami mendengar suara gemuruh, kemudian Nabi SAW bertanya, ”Tahukah kalian suara apa ini? Kami menjawab, ”Allah dan Rasul-Nya lebih tahu,” Nabi SAW berkata, ”ini adalah batu yang dikirimkan Allah SWT kedalam neraka jahanam sejak 70 tahun, sekarang ia telah mencapai dasarnya. (H.R. Muslim).
An-Nu`man bin basyir r.a, dari Nabi SAW, ia berkata, “Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksanya pada hari kiamat ialah seorang lelaki yang dibawah kedua telapak kakinya ada dua bara api dan otaknya mendidih dengan sebabnya sebagaimana panci yang mendidih.” (H.R. Bukhari dan Muslim).
Dari Anas r.a, dari Nabi SAW beliau bersabda, ”Didatangkan penghuni dunia yang paling banyak merasakan kenikmatan dan termasuk penghuni neraka pada hari kiamat. Ia dicelupkan didalam api, kemudian dikatakan, `Hai anak adam, apakah engkau merasakan kenikmatan? Apakah engkau merasakan kebaikan? Orang itu menjawab, `Tidak ya Rabb, `Kemudian didatangkan orang yang paling melarat didunia dan ia termasuk penghuni surga, dan dikatakan kepadanya, `Hai anak adam, apakah engkau menikmati kemelaratan? Apakah engkau mengalami kesusahan? Orang itu menjawab, `Tidak, demi Allah, ya Rabb.” (H.R. Muslim).
Dari Abu Hurairah r.a ia berkata, ”Rasulullah SAW bersabda, ”Sesungguhnya kelompok Pertama yang masuk surga ialah dalam bentuk bulan di malam purnama dan bentuk yang sama seperti bentuk bapak mereka Adam, tingginya 60 hasta, mereka tidak kencing dan tidak buang air besar, tidak meludah dan tidak mengeluarkan ingus di dalamnya. Gelas-gelas mereka dari emas, sisir-sisir mereka dari emas dan perak, tempat bara api mereka dari kayu uluwwah yang harum (Kayu Uluwwah ialah kayu harum yang digunakan untuk membuat kemenyan) dan keringat mereka seperti misik. Masing-masing dari mereka mempunyai dua orang istri yang sumsum betisnya terlihat dari balik dagingnya karena sangat indahnya, tidak ada perselisihan diantara mereka dan tidak ada saling membenci. Hati mereka semua sama. Mereka bertasbih kepada Allah SWT di waktu pagi dan petang.” (H.R. Bukhari dan Muslim).
Abi Said Al-Khudri r.a menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: ”Sesungguhnya penghuni surga bisa melihat penghuni kamar-kamar dari atas mereka sebagaiman kalian bisa melihat bintang yang berkilauan, karena ada ada perbedaan tingkatan diantara mereka,. Mereka berkata, ”Ya Rasulullah, itu adalah tingkatan para nabi yang tidak dicapai oleh selain mereka?” Nabi SAW menjawab, ”Benar. Demi Allah yang nyawaku berada ditangan-Nya, mereka adalah orang-orang yang beriman dan membenarkan para Rasul.” (H.R. Bukhari dan Muslim).
Dari Abu Musa Al-Asy`ari r.a dari Nabi SAW, beliau bersabda, “sesungguhnya orang mukmin di surga mempunyai kemah dari sebiji mutiara kosong yang tingginya 60 mil. Ia mempunyai istri-istri yang ia datangi mereka. Sebagian mereka tidak melihat sebagian yang lain.” (H.R. Bukhari dan Muslim).
Dari Anas bin Malik r.a, ia berkata: ”Rasulullah SAW bersabda: ” Sesungguhnya di surga ada sebatanag pohon yang apabila pengendara kuda berjalan dalam bayangannya selama seratus tahun, ia tidak akan bisa menempuhnya. Jika kalian mau, bacalah, ”Dan naungan yang terbentang luas. Dan air yang tercurah. (Q.S Al-Waqi`ah: 30-31).
Dari Bi Hurairah r.a, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: ”Allah SWT berkata: Aku sediakan bagi hamba-hamba-Ku yang saleh segala yang tidak terlihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga dan tidak pernah terlintas dalam hati manusia. Bacalah jika kalian mau: ”Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. As-Sajdah: 17).”
(H.R. Bkhari dan Muslim).
Anas r.a bercerita bahwa Rasulullah SAW bersabda: ”Andaikata seorang perempuan penghuni surga muncul ke bumi, niscaya ia penuhi antara langit dan bumi dengan ban yang harum dan menyinari diantara keduanya. Sungguh penjepit rambut di kepalanya lebih baik daripada dunia berikut isinya.” (H.R. Bukhari dan Muslim).
Wallahu A`lam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar